Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Tidur tanpa Bantal? Cek Dulu Manfaat dan Risikonya Ini

Banyak orang zaman dulu yang mengatakan bahwa tidur tanpa bantal bisa menunjang kesehatan menjadi lebih baik. Namun, banyak orang modern yang justru menyarankan untuk tidur menggunakan bantal untuk kualitas tidur lebih baik. 

Manakah yang benar dari kedua pendapat berbeda ini? Anda yang saat ini memiliki gangguan tidur mungkin akan menanyakan penggunaan bantal yang tepat. Supaya tidak salah kaprah sebaiknya kenali manfaat maupun risikonya ini. 

5 Manfaat Tidur tanpa Bantal untuk Kesehatan

tidur tanpa bantal
Sumber: https://unsplash.com/photos/a-woman-sleeping-in-a-bed-with-a-white-comforter-Ip3Z-FoLl1Q

Fungsi utama bantal untuk tidur adalah menopang kepala supaya otot di leher tidak tegang. Sayangnya beberapa orang yang menggunakannya justru merasa tidak nyaman khususnya di leher ketika bangun. 

Saat mencoba tidur tanpa menggunakan bantal secara rutin masalah kesehatan seperti leher tegang pun justru menghilang. Hal ini menjadi bukti bahwa tidur tanpa bantal memberikan manfaat yang jelas. 

Beberapa manfaat tidur tanpa menggunakan bantal yang lebih lengkap lagi adalah sebagai berikut:

1. Menghindari Nyeri Leher 

Leher kaku hingga nyeri dapat terjadi ketika tidur dengan bantal yang terlalu tinggi atau tipis. Penyebabnya adalah aliran darah ke kepala berkurang begitu juga dengan aliran udara ke sistem pernapasan. 

Tidak heran orang yang tidur tanpa bantal terbebas dari rasa nyeri leher hingga sakit kepala saat bangun. 

2. Mencegah Sakit Punggung 

Selain nyeri leher, rasa sakit saat bangun tidur juga terasa di bagian leher. Penggunaan bantal yang tinggi atau tebal berisiko merusak posisi tulang belakang sehingga sakit punggung akan muncul. 

Tanpa menggunakan bantal rasa sakit di bagian punggung ini akan berkurang. Ketegangan otot di pagi hari juga menghilang dan tubuh berangsur pulih. 

3. Mencegah Keriput 

Selain kesehatan leher dan punggung tidur tanpa adanya bantal juga bagus bagi kecantikan. Menggunakan bantal sambil tidur tengkurap membuat penekanan langsung ke area wajah. 

Penekanan yang terjadi dapat mempercepat pembentukan keriput, selain itu juga dapat meningkatkan jumlah keringat sehingga membentuk minyak di wajah. Tidak adanya bantal mampu mencegah pembentukan keriput dan wajah pun awet muda. 

4. Menjaga Kesehatan Rambut 

Tanpa adanya bantal Anda juga bisa menjaga kesehatan rambut secara tidak langsung. Sarung bantal yang terbuat dari bahan katun diyakini dapat menyerap minyak alami rambut. Akibatnya rambut menjadi kering dan mudah kusut. 

Dampak lain yang cukup mengganggu adalah kerontokan rambut yang berlebihan dan membuat rambut semakin tipis. Menghindari masalah kesehatan ini lebih baik Anda tidur tanpa menggunakan bantal. 

Risiko Tidur tanpa Bantal bagi Kesehatan

Risiko Tidur tanpa Bantal
Image by StockSnap from Pixabay

Absennya penggunaan bantal memang memberikan dampak positif terhadap kesehatan. Namun, ada pula risiko yang yang harus Anda ketahui khususnya jika muncul gejala tertentu. 

Berikut ini bahaya tidur tanpa bantal yang perlu Anda waspadai:

1. Postur Tubuh Menjadi Buruk saat Tidur 

Tidak adanya penyangga kepala seperti bantal dapat mengganggu postur tubuh yang baik saat tidur. Contohnya Anda yang lebih suka tidur tengkurap disarankan menggunakan bantal di area bawah perut. 

Apabila tidak menggunakan bantal postur tubuh saat tidur akan menjadi buruk yang mampu mengganggu kualitas tidur. 

2. Menimbulkan Sakit Leher 

Potensi sakit leher yang lebih intens justru akan diperoleh jika Anda tidur tanpa adanya bantal. Hal ini disebabkan adanya tekanan yang lebih besar pada bagian leher dan juga kepala. 

3. Memperparah Penyakit Asam Lambung 

Anda juga bisa mengalami penyakit asam lambung yang lebih parah tanpa kehadiran bantal. Alasannya tanpa adanya bantal membuat saluran kerongkongan dan lambung menjadi lurus sehingga asam lambung mudah naik. 

Apabila Anda memiliki penyakit bawaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disorder), sleep apnea atau sering mengalami nyeri leher penggunaan bantal adalah wajib. Pemilihan bantal yang tepat menjadi solusi Anda mendapatkan tidur yang nyaman. 

Seperti bantal yang empuk dan nyaman dari Domibed yaitu Memory Cloud Pillow. Bantal ini menggunakan proprietary blend memory foam yang terinfus dengan gel serta serta microfiber. Desainnya bertumpuk yang memudahkan Anda mendapat posisi bantal tidur yang benar.

Lihat juga : Rekomendasi koleksi jam tangan.

Kini tidak ada lagi istilah tidur tanpa bantal yang mengganggu kesehatan. Pastikan Anda menggunakan Domi Memory Cloud Pillow karena Domi percaya tidur nyenyak merupakan kunci kebahagiaan dan kesehatan yang lebih baik. 

Domi selalu menghadirkan produk tidur eksklusif yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas istirahat Anda serta mendukung gaya hidup aktif dan produktif. Langsung cek yuk produknya. 

Sumber

  • https://www.halodoc.com/artikel/tidur-tanpa-bantal-bisakah-jadi-lebih-sehat
  • https://www.alodokter.com/4-manfaat-tidur-tanpa-bantal-dan-cara-tepat-melakukannya
  • https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/tidur-tanpa-bantal/
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/03/204205320/jangan-tidur-tanpa-bantal-ini-akibatnya?page=all
  • https://domibed.id/product/memory-cloud-pillow/

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Ingin Tidur tanpa Bantal? Cek Dulu Manfaat dan Risikonya Ini"