Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Daging Steak yang Wajib Anda Coba, Dijamin Nagih!

Daging steak menjadi salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bukan tanpa alasan, cita rasanya yang lezat menjadikan steak sebagai pilihan hidangan mewah untuk disantap bersama keluarga dan orang terdekat lainnya. 

Steak terkenal karena rasanya yang gurih, lembut, dan juicy. Namun tahukah Anda, ternyata steak terbagi menjadi beberapa bagian atau jenis. Sayangnya masih banyak orang yang belum mengenal jenis-jenis steak, padahal semuanya memiliki tekstur yang berbeda. Penasaran?

8 Jenis Daging Steak yang Wajib Dicoba

Jenis Daging Steak yang Wajib Dicoba
https://www.pexels.com/photo/steak-food-769289/

Tidak hanya mewah, tetapi daging steak juga menawarkan protein dan energi yang tinggi untuk Anda. Nah untuk merasakan kelezatan dan nutrisi yang maksimal dari setiap potongan steak, mari ketahui apa saja jenis-jenis steak berikut ini.

1. Wagyu

Siapa yang tidak kenal wagyu? Jenis steak paling enak ini populer karena dinilai sebagai bagian yang paling mewah dan mahal. Dengan rasa yang mampu memuaskan semua orang, wagyu dianggap sebagai jenis steak yang paling berkualitas tinggi.

Bagaimana tidak, wagyu mengandung marbling atau urat lemak yang bisa memberikan pengalaman kuliner luar biasa untuk Anda. Biasanya daging ini dimasak dengan teknik grilling atau searing pada suhu yang tidak terlalu tinggi agar lemaknya meresap ke dalam daging.

2. Chuck

Terdengar cukup unik dan lezat, chuck adalah daging steak yang diambil dari leher sampai bahu sapi. Jenis steak tersebut mudah dikenali karena warna dagingnya yang merah pekat dengan sedikit lemak dan memiliki banyak serabut otot yang melintang.

Anda cukup memanggangnya dengan api kecil untuk merasakan sensasi kenikmatan steak chuck. Anda pun bisa mengolahnya menjadi makanan lain seperti sup, semur, rendang, hingga bakso premium yang tidak kalah menggiurkan.

3. Tenderloin

Mengetahui bagian steak adalah kunci untuk merasakan kenikmatan daging tersebut. Tenderloin adalah bagian yang paling empuk diantara semua jenis steak. Biasanya tenderloin disajikan dengan cara dibakar untuk menghasilkan hidangan yang lembut dan juicy.

Tenderloin juga dinilai sebagai olahan yang paling enak jika Anda ingin mencoba steak. Namun ingat, tenderloin lebih cocok dimasak dengan tingkat kematangan medium rare saja dan jika melebihi itu justru akan merusak tingkat keempukannya.

4. Rib Eye

Jenis daging steak yang tidak kalah menggoda lainnya adalah rib eye. Bagian steak yang satu ini merupakan daging yang membungkus tulang rusuk atau tulang iga. Pastinya rib eye menjadi bagian yang banyak digemari.

Rib eye menawarkan tekstur yang juicy dan tidak keras. Anda pun harus berhati-hati saat memasaknya, apalagi bagian steak ini cenderung mudah gosong. Biasanya rib eye dimasak dengan cara dipanggang atau disajikan dengan konro atau sup.

5. Sirloin

Saat membahas jenis steak medium well yang paling populer, tentunya sirloin adalah jawabannya. Bukan tanpa alasan, jenis steak tersebut banyak dijadikan menu di berbagai restoran sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Sirloin cenderung memiliki tekstur yang lebih keras karena terletak di bagian punggung luar dekat paha belakang. Selain itu, Anda juga perlu mengolahnya dengan hati-hati karena sirloin tidak boleh terlalu matang atau terlalu mentah.

6. Flank

Ingin mencoba daging steak dengan kandungan lemak yang sedikit? Maka Anda wajib mencoba flank yang merupakan bagian otot perut sapi. Flank mempunyai tekstur yang keras sehingga tingkat kematangan yang cocok adalah medium rare atau setengah matang.

Anda bisa memarinasinya terlebih dulu untuk meningkatkan tingkat keempukannya dan menambah cita rasa. Disarankan untuk menggunakan teknik grilling pada suhu tinggi dengan waktu 4-5 menit per sisi agar lebih mantap.

7. Tomahawk

Beralih ke jenis steak lainnya yaitu tomahawk yang hampir mirip seperti rib eye. Yang membedakan tomahawk dan rib eye adalah pada tampilan bagian luarnya, tetapi rasanya sangat sama persis. 

Namun secara keseluruhan, tomahawk adalah daging rib eye yang masih memiliki tulang iga. Tidak heran kalau kandungan nutrisi yang ditawarkan daging steak ini setara dengan rib eye tetapi dengan potongan yang lebih besar.

8.  T-Bone

Sesuai dengan namanya, t-bone adalah bagian punggung dan gabungan dari tenderloin dan sirloin. Walaupun tidak selembut tenderloin, t-bone tetap menyuguhkan kelembutan yang bisa memanjakan lidah Anda.

Cara terbaik untuk memasaknya adalah dengan teknik grilling. Uniknya, daging t-bone cenderung lebih terjangkau dibandingkan bagian steak yang banyak lemak lain yang membuatnya mudah dijumpai di restoran-restoran.

Nah untuk merasakan kelezatan dari setiap potongan-potongan steak tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi steak restaurant Holycow sekarang juga. Pasalnya Holycow menyuguhkan menu steak yang menggugah selera dengan pilihan sauce yang lengkap.

Menu andalan yang wajib Anda coba adalah Steak Set Wagyu Tenderloin, Steak Set Wagyu Sirloin, Steak Set Australian Tenderloin, Steak Set Australian Tenderloin, dan masih ada berbagai menu daging lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Holycow hadir di beberapa lokasi seperti HOLYCOW! TKP KOTA KASABLANKA, HOLYCOW! TKP GANDARIA CITY, HOLYCOW! TKP BENHIL dan masih banyak lagi. Inilah saatnya Anda merasakan kenikmatan daging steak dengan harga terjangkau di Holycow. Jadi tunggu apalagi? Ayo rasakan sekarang!

Baca juga : Benarkah pepaya menyebabkan asam urat ?

Referensi:

-https://www.sayurbox.com/blog/9-jenis-daging-steak

-https://balicrystalcollege.com/berita/jenis_jenis_steak

-https://meatguy.id/blog/macam-steak

-https://www.tokopedia.com/blog/jenis-daging-steak/?utm_source=google&utm_medium=organic

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "8 Jenis Daging Steak yang Wajib Anda Coba, Dijamin Nagih!"