Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daun Singkong Asam Urat: Apakah Keduanya Memiliki Keterkaitan?

Kandungan purin pada daun singkong akan memicu peningkatan kadar asam urat. Itulah mengapa daun singkong asam urat menjadi hal yang sering dikaitkan. Padahal sejak dahulu daun singkong menjadi salah satu sayuran yang kerap dijadikan berbagai olahan makanan. Daun singkong bisa dijadikan buntil, urap, tumis hingga gulai.

sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat
https://www.freepik.com/

Untuk menjaga kadar asam urat tetap normal dalam tubuh, sebaiknya hindari konsumsi sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat.

Bahaya Daun Singkong Asam Urat

Di Indonesia, daun singkong kerap kali menjadi menu makanan utama karena tinggi karbohidrat, protein, mineral hingga vitamin C. Terlepas dari manfaatnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi daun singkong. Sebab, daun singkong bisa menyebabkan asam urat. Asam urat terjadi saat tubuh Anda memiliki kelebihan kadar asam urat. 

Hal tersebut menyebabkan terbentuknya kristal tajam, sehingga menimbulkan rasa nyeri luar biasa pada persendian. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun singkok dapat meningkatkan kadar asam urat secara signifikan. Para peneliti juga mendapati bahwa kadar asam urat juga dipengaruhi oleh fungsi ginjal secara normal. 

Sebab, organ ginjal yang normal memiliki peranan mengelola kadar asam urat serta mengatur ekskresi asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Sidomuncul selaku pelopor jamu berteknologi modern menghadirkan produk yang akan membantu Anda mengurangi kadar asam urat. 

Cara Mengelola Asam Urat agar Tetap Normal

Tidak hanya fokus pada daun singkong asam urat. Agar kadar asam urat dalam tubuh tetap normal, perhatikan beberapa tips berikut:

1. Membatasi Makanan yang Memiliki Kadar Purin Tinggi

Sumber utama penyebab asam urat yaitu makanan yang tinggi purin. Daging, makanan laut dan beberapa jenis sayuran mengeluarkan zat asam urat saat dicerna. 

Jika ingin mencegah asam urat Anda kambuh, sebaiknya menghindari jeroan, ikan, kerang, hingga daging merah. Selain itu, hindari juga kacang hijau dan kacang tanah karena kandungan purin tinggi. 

2. Batas Asupan Gula

Sayur daun singkong bikin asam urat menjadi fakta yang tidak bisa dipungkiri karena banyak penelitian yang membuktikan korelasinya. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi gula yang berlebihan juga menyebabkan potensi kadar asam urat meningkat. 

Gula tambahan pada sirup jagung dan fruktosa tinggi pada makanan olahan juga menjadi penyebab asam urat.  Selain daun singkong asam urat, ada baiknya menghindari konsumsi jus dengan tambahan gula. Sebaiknya, gunakan madu yang notabene pemanis alami agar lebih aman. 

Perhatikan juga asupan cairan untuk tubuh demi membantu ginjal agar mengeluarkan asam urat lebih cepat. 

3. Turunkan Berat Badan

Sel lemak pada tubuh banyak menyimpan tumpukan asam urat. Selain itu, berat badan yang berlebih akan membuat kinerja ginjal mengalami kesulitan saat menyaring kadar asam urat. Untuk menurunkan risiko tingginya kandungan asam urat sebaiknya Anda mulai menurunkan berat badan.

Selain daun singkong asam urat menjadi fokus utama, Anda juga harus bisa menjaga berat badan ideal tetap terjaga. 

4. Menghindari Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol membuat tubuh Anda lebih mudah mengalami dehidrasi. Hal tersebut akan memicu kadar asam urat tinggi. Sebab, ginjal harus menyaring kandungan alkohol yang masuk ke darah. Beberapa jenis minuman beralkohol diketahui juga mengandung kadar purin tinggi. 

Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Apakah daun singkong memicu asam urat sudah terbukti dan bukan satu-satunya penyebab. Oleh karena itu, Anda juga wajib menghindari sayuran yang berpotensi meningkatkan kadar purin dalam tubuh, antara lain:

1. Asparagus

Selain daun singkong asam urat, Anda sebaiknya juga menghindari asparagus. Sebab, asparagus memiliki kandungan kalium dan folat yang tinggi. Dalam 100 gram sayuran ini mengandung 23 gram purin. 

2. Bayam

Bayam terkenal sebagai sayuran yang sangat gampang diolah. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin C, flavonoid, zat besi, dan beta karoten. Namun, penderita asam urat sebaiknya menghindari mengkonsumsi sayur bayam karena kandungan purin yang tinggi. Setiap 100 gram sayur bayang terkandung kurang lebih 57 gram zat purin. 

3. Buncis

Selain daun singkong asam urat, ternyata buncis juga menjadi salah satu sayuran yang harus dihindari. Walaupun sayur buncis populer di Indonesia, namun memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. 

4. Jamur

Setiap porsi jamur mengandung purin tinggi. Pengidap asam urat wajib menghindari sayuran ini walaupun hanya digunakan sebagai campuran di banyak menu utama. 

5. Kembang Kol

Sayuran lain yang wajib Anda hindari yaitu sayur kol. Kembang kol seringkali digunakan sebagai pelengkap di menu utama. Setiap 100 gram kembang kol memiliki kandungan 23 gram purin, sehingga wajib dihindari penderita asam urat.

Selain menjaga makanan yang dikonsumsi, Anda juga bisa mencoba Sidomuncul Ricasid Cap 30S botol. Suplemen herbal ini akan membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Rasa nyeri di persendian akan berkurang ketika Anda mengkonsumsi produk andalan Sidomuncul ini. 

Daun singkong asam urat ternyata bukan satu-satunya pemicu. Selain kadar purin, Anda wajib menjaga kesehatan ginjal agar berfungsi normal. Sebab dengan ginjal yang normal, kadar purin juga akan terjaga di batas aman. Selain itu, hindari juga konsumsi gula berlebih sebagai salah satu pemicu meningkatnya zat purin.

Baca juga : Manfaat jamu kunyit asam.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Daun Singkong Asam Urat: Apakah Keduanya Memiliki Keterkaitan?"